Pembelajaran Moral dari Amsal Al-Qur’an: Sebuah Analisa Kritis
Kata Kunci:
amsal, Al-Qur'an, Moral, Pendidikan, Nilai, EtikaAbstrak
Penelitian ini bertujuan menganalisis nilai-nilai moral dari amsal dalam Al-Qur'an sebagai media pembelajaran moral yang relevan dengan kehidupan modern. Metode kualitatif berbasis analisis teks digunakan untuk mengidentifikasi pesan moral dalam amsal dan relevansinya dalam membangun karakter individu. Studi literatur dari kitab tafsir, artikel, dan buku digunakan sebagai sumber data utama. Hasil menunjukkan bahwa amsal Al-Qur'an mengandung nilai-nilai seperti kejujuran, tanggung jawab, dan empati yang dapat diterapkan dalam pendidikan. Pembahasan mengungkap pentingnya pemahaman amsal untuk membangun kesadaran moral dan spiritual, terutama dalam konteks pendidikan moral di masyarakat majemuk seperti Indonesia. Penelitian ini memberikan rekomendasi praktis untuk mengintegrasikan amsal Al-Qur'an ke dalam kurikulum pendidikan.
Referensi
Abdussamad, Juriko, Imam Sopingi, Budi Setiawan, and Nurhikmah Sibua. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, Dan Mixed Methode. Medan: PT Media Penerbit Indonesia, 2024.
Akbar, Fathir, and Abyan Gantaran. “Penerapan Teori Belajar Behavioristik Dalam Proses Pembelajaran PAI.” Darajat Jurnal Pendidikan Agama Islam 5, no. 2 (2022): 139–48. https://doi.org/10.58518/darajat.v5i2.1413.
Akhyar, Muaddyl, Zulheldi, and Duski Samad. “Studi Analisis Tafsir Al-Qur’an Dan Relevansinya Dalam Pendidikan Islam.” Inovatif Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Kebudayaan 10, no. 1 (2024): 38–57. https://doi.org/10.55148/inovatif.v10i1.780.
Al-Baghawi, Abu Muhammad al-Husain bin Mas’ud. Ma’alim at-Tanzil, Juz 2, Hlm. 87. Beirut: Dar Ihya’ at-Turath al-‘Arabi, 1989.
Al-Mawardi, Abu al-Hasan Ali bin Muhammad bin Habib. Al-Nukat Wa Al-‘Uyun, Juz 5, Hlm. 74. Beirut: : Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 1992.
Al-Qurtubi, Abu ‘Abdullah Muhammad ibn Ahmad. Al-Jāmī‘ Li-Ahkām Al-Qur’Ān, Juz 16, Hlm. 342. Beirut: Dār al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 2000.
Ali, Mohammad Haidar, Rohmad Prio Santoso, and Imam Sopingi. “Peningkatan Keterampilan Wirausaha Siswa Kelas XI SMK Plus Khoiriyah Hasyim Tebuireng.” Jurnal Dinamis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 4, no. 1 (2024): 20–27. https://doi.org/10.33752/dinamis.v4i1.6287.
Anisa, Arifatul, and Sutrisna Wibawa. “Hermeneutika Nilai Moral Jawa Dalam Naskah Tashrihah Al- Muhtaaj Dan Relevansinya Dalam Pendidikan/the Hermeneutic of Javanese Moral Values in Tashrihah Al-Muhtaaj Manuscript and Their Relevance in Education.” Aksara 33, no. 1 (2021): 57. https://doi.org/10.29255/aksara.v33i1.491.57-70.
Anzani, Shafira Rizky, Muhammad Aji Al Fauzan, Talitha Alzena, Asri Sri Rejeki, and Nayla Alifa Azalia. “Teori Humanistik: Bagaimana Pengaruhnya Terhadap Karakter-Moral Siswa?” Jurnal Pendidikan Indonesia 4, no. 05 (2023): 405–15. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i05.1760.
Arifin, Muhammad Tajul, Faridi Faridi, and Syamsurizal Yazid. “Pendidikan Hati Sebagai Upaya Mewujudkan Siswa Berkarakter Di MTS Al Jauharotunnaqiyah Daliran Kota Cilegon – Banten.” Research and Development Journal of Education 9, no. 2 (2023): 538. https://doi.org/10.30998/rdje.v9i2.17306.
Azharudin, Denur, and Imam Sopingi. “Upaya Pengembangan Kemandirian Ekonomi Pesantren (Studi Kasus Di Pondok Tahfidz Qur’an Al-Hasanah Bandung).” Jurnal Ilmiah Nusantara 1, no. 5 (2024): 263–70. https://doi.org/10.61722/jinu.v1i5.2543.
Dahliana, Yeti, Sabar hati Halawa, and Wildan Hamdani. “Revitalisasi Taman Pendidikan Al Quran Di Bendosari Sukoharjo.” Abdi Psikonomi, 2022, 164–73. https://doi.org/10.23917/psikonomi.vi.1184.
Dewita, Imel Putri. “Implikasi Teori Humanistik Dalam Pembelajaran.” Dahzain Nur : Jurnal Pendidikan, Keislaman Dan Kemasyarakatan 13, no. 2 (2024): 75–90. https://doi.org/10.69834/dn.v13i2.174.
Febrianti, Natasya, and Dinie Anggraenie Dewi. “Pengembangan Nilai Moral Peserta Didik Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.” Jurnal Kewarganegaraan 5, no. 2 (2021): 476–82. https://doi.org/10.31316/jk.v5i2.1772.
Fransisca, Malia, and Muhammad Bintang Fadhlurrahman. “Desain Pengembangan Kurikulum Model Ralph Tyler Pada Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Di Tingkat Madrasah Ibtidaiyah.” Insania Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan 26, no. 2 (2021): 294–305. https://doi.org/10.24090/insania.v26i2.5058.
Harimawan, Dwi, and Imam Sopingi. “Dimensi Keilmuan Ushul Fiqh Dalam Intelerasi Wahyu Dan Logika: Kaidah Dan Penerapannya.” Jurnal Al-Wasith: Jurnal Studi Hukum Islam 9, no. 2 (2024): 70–79.
Harnilawati, Dita Rama Insiyanda, Imam Sopingi, Erlina Indriasari, Ofirenty Elyada Nubatonis, Femmy Sofie Schouten, Mega Suryandari, Patrisius Afrisno Udil, Veronica, and Magdalena Wangge. Metodologi Penelitian. Makasar: Cendekia Publisher, 2024.
Haryanti, Peni, Imam Sopingi, Athi’ Hidayati, Anita Musfiroh, Rachma Agustina, and Lola Malihah. “Analysis Of Gen Z Entrepreneurs’ Interest Towards Halal Certification.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 10, no. 3 (2024): 3285–90.
Hidayat, Kun, Shinta Ledia, and Djamaluddin Prawironegoro. “Aspek-Aspek Pendidikan Dalam Surah Al-Kahfi Ayat 46.” Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan 5, no. 5 (2023): 1985–94. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i5.5443.
Ibnu Katsir, Ismā‘īl Ibn ‘Umar. Tafsīr Al-Qur’ān Al-‘Aẓīm, Juz 5, Hlm. 93. Beirut: Dār al-Fikr, 1999.
Intania, Naila, and Yudi Setiadi. “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Puasa Dala’il Qur’An.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr 10, no. 2 (2021): 188–203. https://doi.org/10.24090/jimrf.v10i2.5161.
Irawan, Roni. “Peran Pembelajaran Sejarah Dalam Memperkuat Pendidikan Karakter Siswa (Studi Kasus Di SMA Negeri 1 Ambalawi).” Edu Sociata ( Jurnal Pendidikan Sosiologi ) 7, no. 1 (2024): 892–98. https://doi.org/10.33627/es.v7i1.2325.
Jailani, Mohammad, and Suyadi Suyadi. “Pendidikan Agama Islam Berbasis Neurosains Dan Perspektif Akal Bertingkat Ibnu Sina Di Sekolah: Implikasinya Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Era Pandemi Covid-19.” Jurnal Litbang Edusaintech 2, no. 2 (2021): 123–34. https://doi.org/10.51402/jle.v2i2.55.
Kohlberg, Lawrence, and Richard H Hersh. Moral Development: A Review of the Theory. Theory into Practice. Vol. 16. Taylor & Francis, 1977.
Lestari, Sri. “Implementasi Nilai Beriman Dan Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa Dalam Pembelajaran Di Sekolah Menengah Pertama.” De Cive : Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan 3, no. 2 (2023): 64–68. https://doi.org/10.56393/decive.v3i2.1848.
Manalu, Hernawaty, Fahrudin Ramly, and Imam Sopingi. Metode Penelitian Ekonomi: Konsep, Metode, Dan Implementasi. PT. Mifandi Mandiri Digital. Medan: PT. Mifandi Mandiri Digital, 2024.
Miranti, Afni, Lilik, Retno Winarni, and Anesa Surya. “Representasi Pendidikan Karakter Berbassis Kearifan Lokal Dalam Motif Batik Wahyu Ngawiyatan Sebagai Muatan Pendidikan Senirupa Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5, no. 2 (2021): 546–60. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.763.
Murtadlo, Ghulam, Anggrayny Khusnul Khotimah, Dina Alawiyah, Elza Elviana, Yanwar Cahyo Nugroho, and Zulfi Ayuni. “Mendalami Living Qur’an: Analisis Pendidikan Dalam Memahami Dan Menghidupkan Al-Qur’An.” PANDU : Jurnal Pendidikan Anak Dan Pendidikan Umum 1, no. 2 (2023): 112–18. https://doi.org/10.59966/pandu.v1i2.206.
Prawoto, Imam, and Fitri Anisa. “Peran Pondok Pesantren Al-Zaytun Dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Sekitar.” Eksisbank Ekonomi Syariah Dan Bisnis Perbankan 7, no. 1 (2023): 123–35. https://doi.org/10.37726/ee.v7i1.715.
Prihandoko, Yogi. “Cognitive Moral: Merangsang Perkembangan Perilaku Moral Siswa Sekolah Dasar Melalui Pendekatan Kognitif.” Jurnal Pembangunan Pendidikan Fondasi Dan Aplikasi 10, no. 2 (2023). https://doi.org/10.21831/jppfa.v10i2.29309.
Rachmawati, Nugraheni, Arita Marini, Maratun Nafiah, and Iis Nurasiah. “Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe Di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6, no. 3 (2022): 3613–25. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714.
Rasyidi, Ahyar, and Husnul Yaqin. “Profile Dan Sejarah Pondok Pesantren Tahfizh Al-Qur’an Di Kalimantan Selatan.” Educasia Jurnal Pendidikan Pengajaran Dan Pembelajaran 6, no. 2 (2021): 103–17. https://doi.org/10.21462/educasia.v6i2.61.
Rohimah, Rt. Bai, and Istinganatul Ngulwiyah. “Tren Metode Pembelajaran Al-Qur’an Di Indonesia Tahun 2019-2023: Sebuah Systematic Review.” Jurnal Pendidikan Abad Ke-21 1, no. 2 (2023): 85–94. https://doi.org/10.53889/jpak.v1i2.329.
Rohman, Taufikur, Iskandar, and Mahyuddin Barni. “Guru Dan Murid Dalam Pendidikan Abad Ke-21: Menggali Nilai Dalam Perspektif Al-Qur’an Dan Hadis.” Profetik Jurnal Mahasiswa Pendidikan Agama Islam 4, no. 1 (2023): 53–64. https://doi.org/10.24127/profetik.v4i1.4912.
Saraswati, Dwi, Wahidmurni, and Indah Aminatuz Zuhriyah. “Pembelajaran Tematik Berbasis Multiple Intelligences Dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa Di SD Plus Al-Kautsar Malang.” At-Thullab Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 7, no. 1 (2023): 1. https://doi.org/10.30736/atl.v7i1.1147.
Sarnita, Sarnita, and Eka Titi Andaryani. “Pertimbangan Multikultural Dalam Pengembangan Kurikulum Untuk Menghadapi Keanekaragaman Siswa.” Jurnal Pendidikan Indonesia 4, no. 11 (2023): 1183–93. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i11.2233.
Sembiring, Sri Ulina Br, Sofyan Sauri, and Yaya Sunarya. “Representasi Tujuan Pendidikan Islam Dalam Materi Ajar Bahasa Indonesia.” Rayah Al-Islam 7, no. 1 (2023): 496–508. https://doi.org/10.37274/rais.v7i1.579.
Sopingi, Imam. ““Etika Bisnis Menurut Al-Ghazali: Telaah Kitab Ihya’’Ulum Al-Din”.” Iqtishoduna 10 No. 2 (2014): 142–48.
———. “Studi Analisis Qiyas Imam Syafi’i Dalam Istinbath Hukum.” Stain Tulungagung, 2009.
Yaqin, Ainul. “Developing Dilemma Discussion Method in Akhlaq Learning to Promote Student’s Moral Reasoning.” Lentera Pendidikan Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan 24, no. 1 (2021): 42. https://doi.org/10.24252/lp.2021v24n1i5.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 AT-TAHBIR: Jurnal Studi Al-Qur'an dan Tafsir

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.